ONEWS.ID, KAYUAGUNG - Bertempat di pendopo rumah dinas Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Selasa (30/4/2019) lalu sekira pukul 10.00 Wib, telah berlangsung kegiatan silaturahmi dan deklarasi damai komponen masyarakat pasca pemungutan suara pemilu 2019.

Acara dengan tema ‘menciptakan situasi yang aman, damai, dan sejuk’ tersebut, dihadiri oleh Forkopimda OKI terdiri dari Wakil Bupati, Kapolres, Dandim 0402, Kajari, Ketua PN Kayuagung, Ketua Pengadilan Agama, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan jajaran OPD Pemkab OKI. Dihadiri juga Camat, Kapolsek, Danramil, pimpinan parpol, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda OKI.

Dalam sambutannya dihadapan semua peserta yang hadir, Ketua KPU OKI Dery Siswadi mengapresiasi seluruh elemen masyarakat, terutama warga yang telah menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2019.

“Dari beberapa fenomena terjadi memang perlu disampaikan informasi ke masyarakat, perbedaan hasil quick count dan real count. Dimana quick count tidak dapat menjadi rujukan pertanggung jawaban secara hukum,” katanya.

Penghitungan suara secara real count masih dalam proses yang bersifat sementara. Masih katanya, klaim kemenangan yang telah dilakukan beberapa pihak adalah hasil penghitungan internal partai ataupun pasangan calon (paslon).

“Secara tahapan pelaksanaan rekapitulasi tingkat nasional terakhir pada tanggal 20 Mei 2019. Artinya, sepatutnya klaim kemenangan dapat dilaksanakan setelah tanggal tersebut,” tegasnya.

Katanya lagi, kita apresiasi seluruh anak bangsa mendedikasikan diri mengabdi pada pelaksanaan pemilu, sampai mengorbankan jiwa raga hingga ada yang meninggal dunia. Baik jajaran penyelenggara, pemerintahan, kepolisian, TNI, Kejaksaan, dan lainnya.

Ketua Bawaslu OKI Ihksan Hamidi dalam sambutannya menyampaikan, demokrasi adalah pilihan pendiri bangsa. Dimana telah dilaksanakan pesta besar demokrasi yaitu pemungutan suara. Tahapan pemungutan suara pemilu 2019 berjalan aman, kondusif, damai dan dalam suasana sejuk.

“Proses tahapan pemilu masih berjalan. Tugas pokok Bawaslu adalah pengawasan pemilu, yaitu pencegahan dan penindakan, baik pidana maupun administrasi dapat dilakukan sesuai tingkatan yang ada (TPS, desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional),” ungkap dia.

Kita menghimbau kepada peserta pemilu untuk siap menang dan siap menerima kekalahan. Masih katanya, kita juga apresiasi seluruh pihak, baik pemkab, Polres, Kodim, Kejaksaan, tokoh masyarakat, dan partai politik. Hingga pelaksanaan pemilu 2019 berjalan aman dan kondusif

“Bila parpol dan peserta pemilu ada yang keberatan pada salah satu tahapan, kiranya dapat menyalurkan pada tempat yang benar tanpa membuat kegaduhan,” tukasnya.

Sementara itu, Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra menyampaikan, saat ini fase akhir tahapan pemilu 2019 yaitu rekapitulasi penghitungan suara. Prosesnya dapat dilihat secara transparan oleh semua masyarakat, sehingga mudah dikoreksi apabila terdapat kesalahan dan meminimalisir kecurigaan.

“Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya, yaitu tugas yang sangat berat sehingga terdapat korban jiwa baik penyelenggara maupun pengaman karena kelelahan. Mengingat partisipasi masyarakat yang tinggi dalam pemungutan suara,” ujarnya.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjalin silaturahmi, rasa persatuan, persaudaraan, walaupun di tengah perbedaan pilihan. Kiranya penyelenggara, baik KPU maupun Bawaslu, tetap fokus dan semangat dalam menjalankan tugasnya.

“Keamanan adalah tanggung jawab kita semua, maka mari kita lakukan upaya agar situasi kondusif. Menjelang memasuki bulan Ramadhan, kiranya Pemkab OKI dan Kantor Agama OKI mengarahkan masyarakat, yaitu penceramah sholat tarawih untuk tidak memasukkan tausyiahnya berkaitan hasil pemilu,” pesan dia.

Senada dengan hal itu, Wakil Bupati OKI HM Dja’far Shodiq mengatakan, secara garis besar tahapan pemilu 2019 di Kabupaten OKI berjalan aman dan damai. Kegiatan silahturahmi dan deklarasi damai ini adalah bentuk etika yang tinggi, cerminan rasa persatuan dan kesatuan, serta persaudaraan yang kuat seluruh elemen masyarakat OKI.

“Kita apresiasi seluruh elemen masyarakat, baik penyelenggara, maupun keamanan yang telah melaksanakan tugasnya secara baik dan luar biasa di tengah segala hambatan yang ada. Dan turut belasungkawa terhadap jajaran penyelenggara dan pengaman pemilu yang gugur sebagai pahlawan demokrasi dalam menjalankan tugasnya,” ucap dia.

Kita menghimbau masyarakat untuk tetap dan selalu percaya kepada penyelenggara pemilu dan pihak keamanan. Menyambut bulan suci Ramadhan, kiranya masyarakat tidak melakukan hal yang tidak penting, seperti menyalakan petasan serta lain sebagainya.

Pantauan di lokasi, setelah kata sambutan yang disampaikan Ketua KPU, Bawaslu, Kapolres dan Wakil Bupati OKI, acara dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai oleh komponen masyarakat di Kabupaten OKI serta foto bersama.

Perlu diketahui juga, kegiatan silahturahmi dan deklarasi damai ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten OKI berjalan aman, kondusif, damai serta dalam suasana sejuk dan terjaga rasa persatuan maupun persaudaraan, meskipun terdapat perbedaan dalam pilihan.

Disamping itu, suksesnya pelaksanaan tahapan tidak terlepas oleh koordinasi, kerjasama dan kerja keras stakeholder, baik penyelenggara, pemkab, kepolisian, TNI dan Kejaksaan. Kegiatan ini juga sebagai cipta kondisi atau colling down agar tahapan pemilu selanjutnya, yaitu rekapitulasi tingkat kabupaten dan sampai nasional agar berjalan aman dan kondusif. (*)
ONews

ONews

Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional.

Post A Comment:

8 comments:

  1. PROMO BONUS HANYA UNTUK MEMBER BARU

    Buruan daftar yukk
    https://www.linktr.ee/anapoker_ofc

    BalasHapus
  2. Anapoker , Memberikan Bonus bagi Member baru 10% + 5% Untuk Anda Member aktif kesayangan kami..

    Dimana lagi Bisa dikasih bonus segede ini??
    Buruan Daftar dan Ambil Bonusnya secepat kilat..
    Hanya Diiiii....
    ANAPOKER

    BalasHapus
  3. Promo Bonus loyalty bulanan berhadiah Iphone x, Hanya Di Anapoker ..
    Cukup hanya aktif bermain permainan kartu Online, tiap bulannya bisa memenangi Iphone x 256GB.
    Kamu mau? Daftar sekarang & Mainkan permainan kartu poker Online Di Android mu..

    Ada Bonus Harian & Mingguan nya juga lho
    Hubungi kami di :
    BBM : D8B84EE1
    WA : 085222555128
    klik >>> : Anapoker

    BalasHapus
  4. Promo Bonus loyalty bulanan berhadiah Iphone x, Hanya Di Anapoker ..
    Cukup hanya aktif bermain permainan kartu Online, tiap bulannya bisa memenangi Iphone x 256GB.
    Kamu mau? Daftar sekarang & Mainkan permainan kartu poker Online Di Android mu..

    Ada Bonus Harian & Mingguan nya juga lho
    Hubungi kami di :
    BBM : D8B84EE1
    WA : 085222555128
    klik >>> : Anapoker

    BalasHapus
  5. Buat Kamu yang sedang Jalanin Ramadhan, Anapoker Mengadakan Promo Sahur Deposit Ramadhan..

    Anapoker Memberikan Bonus deposit bagi kamu yang bangun Saat Sahur lho..
    Bonus bisa mencapai Lebih dari 1JT rupiah lho.

    Mau? Daftar sekarang & Mainkan ANAPOKER di Android kamu!!

    BalasHapus
  6. Cara Unik bermain di Anapoker, Sekarang tidak perlu pergi ke bank lagi untuk deposit lhoo
    Sekarang di Anapoker Sudah bisa deposit menggunakan OVO & Gopay, minimal deposit hanya 10rb saja lho
    Menangkan puluhan juta rupiah, & Bonus hariannya

    Daftarkan Diri anda & teman anda dengan menghubungi :
    Whatsapp : 085222555128
    BBM : D8B84EE1

    COBA & BUKTIKAN, HOKI MENENTUKAN SEGALANYA.

    BalasHapus
  7. MUDIK BARENG, Bersama Anapoker..
    Anapoker mengadakan promo ketupat di saat hari raya Idul Fitri lho

    Daftar & dapatkan bonus lebihnya, sekarang juga :
    Whatsapp : 085222555128
    BBM : D8B84EE1

    Jadikan Idul Fitri lebih meriah bersama Anapoker

    BalasHapus
  8. Anapoker Bagi bagi THR Bonus chips

    Dengan hanya deposit minimal 50rb di Anapoker , Sudah bisa mendapatkan bonus deposit sebesar 10% lho..

    Untuk info THR Freechipsnya, Silahkan kunjungi situs Anapoker atau Hubungi kami di :
    Whatsapp : 085222555128
    Line ID : AgenS1288

    THR Di Bulan penuh kemenangan

    BalasHapus