ONEWS.ID, MUARA ENIM - Untuk mendorong kawasan proyek hilirisasi batubara di Tanjungenim menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), pemerintah siap memberikan berbagai kemudahan-kemudahan diberbagai bidang.

"PTBA menjadi pionir industri hilirisasi batubara. Dan pihaknya siap mendukung menjadikan kawasan ini sebagai KEK," kata Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartanto disela-sela pencanangan industri hilirisasi batubara PTBA di Tanjungenim, Minggu (3/3/2019).

Menurut Airlangga, dengan areal seluas sekitar 300 hektare dan diperkirakan menelan dana US$ 1,2 miliar dengan melibatkan beberapa perusahaan maka sangat memungkinkan kawasan ini menjadi industri pionir hilirisasi batubara PTBA untuk menjadi kawasan ekonomi khusus. Untuk mewujudkan KEK tersebut, pemerintah akan memberikan dukungan itu berupa fasilitas tax holiday dan berbagai kemudahan di Kabupaten Muaraenim.

"Saatnya, PTBA menjadikan batubara bernilai lebih, jangan hanya menggali dan menjual saja. Kementrian akan kawal mengawal terwujudnya KEK ini," tukasnya.

Dikatakan Airlangga, dengan deposit batubara yang dimiliki oleh PTBA di prediksi produksi batubara kedepan 100 tahun lagi belum akan habis. Dengan besarnya investasi untuk industri yang terintegrasi diperkirakan akan menciptakan lapangan pekerjaan sekitar 1400 orang. Untuk itu, diharapkan bisa menelan tenaga kerja lokal dari Muaraenim sehingga bisa memberikan efek perekonomian yang signifikan bagi Kabupaten Muaraenim terutama masyarakat di sekitar perusahaan.

Masih dikatakan Airlangga, industri hilirisasi batubara cukup menjanjikan karena dapat menjadi substitusi impor terhadap berbagai produk industri, seperti urea, dimethyl ether (DME) dan polypropylene. Untuk itu, dikawasan Bukit Asam Coal Based Special Economic Zone (BACBSEZ) akan dibangun empat kompleks pabrik untuk mendukung proyek hilirisasi yakni komplek pabrik coal to syngas, komplek pabrik syngas to urea, komplek pabrik syngas to DME, dan kompleks pabrik syngas to polypropylene.

Pabrik gasifikasi batu bara ini direncanakan mulai beroperasi pada bulan November tahun 2022, yang mampu memenuhi kebutuhan pasar sebesar 500 ribu ton urea per tahun, 400 ribu ton DME per tahun, dan 450 ribu ton polypropylene per tahun. Dengan target tersebut diperkirakan kebutuhan batubara sebagai bahan baku 5,2 juta ton per tahun, dan untuk kebutuhan listrik satu juta ton sehingga total kebutuhan batubara sebesar 6,2 juta ton per tahun.

Sementara itu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Igansius Jonan, saat ini, pemerintah telah menerbitkan peraturan tentang Hilirisasi ini. Kedepan, kita menginginkan dengan berdirinya kawasan industri ini, akan bisa mengurangi impor LPG sehingga bisa menghemat APBN. Jika melihat deposit batubara di Sumsel yang begitu besar, diperkirakan bisa bertahan 250 tahun bahkan potensi bisa 1000 tahun.

"Kami harap, perusahaan menggunakan tenaga kerja lokal, mendidiknya untuk menjadi tenaga kerja terampil itu lebih baik," tukasnya.(red)
ONews

ONews

Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional.

Post A Comment:

3 comments:

  1. Promo Bonus Ajak Teman bersama OVO

    Kabar baik bagi kalian member setia Anapoker karena pada bulan Maret 2019 ini kami akan memberikan bonus 10% bagi kalian yang mengajak teman kalian untuk bermain menggunakan layanan aplikasi OVO.

    Syarat dan Ketentuan :
    1. Wajib memiliki user id di Anapoker
    2. Promo ini berlaku mulai tanggal 1 maret - 30 maret 2019
    3. Ajak teman kalian untuk bermain di Anapoker dan kalian bisa mendapatkan 10% dari jumlah deposit teman kalian
    3. Promo ini hanya bisa di klaim sebanyak 1 kali dalam 1 hari
    4. minimal melakukan deposit sebesar 50rb dapat 10% dan kalian harus melewati 1 kali turn over saja untuk dapat melakukan withdraw.
    contoh : deposit teman yang diajak 300rb maka kalian akan mendapatkan 10% dari deposit teman anda yaitu sebesar 30rb. untuk bisa melakukan wd kalian harus melewati to sebanyak 1 kali yaitu 30rb.
    5. Apabila teman yang diajak melakukan deposit 50rb, maka kalian akan mendapatkan 10% dari deposit teman yaitu 5rb dan kalian harus bermain sampai 25rb karena untuk minimal melakukan withdraw sebesar 25rb.
    6. Jika tidak mencapai syarat turn over dan ingin melakukan wd maka bonus akan ditarik kembali
    7. Tidak berlaku kesamaan IP Adress,no rek, dan nama yang sama.
    8. Apabila Ada Indikasi Kecurangan Anapoker Berhak membatalkan Bonus Secara Sepihak

    Kunjungi kami di https://www.linktr.ee/anapoker_ofc

    Tunggu apalagi segera ajak teman kalian bermain sekarang juga bersama OVO dan klaim bonusnya bersama Anapoker !!

    BalasHapus
  2. Hello guys, di bolavita kini tersedia bonus spesial hingga 500rb loh disetiap hari jumat..

    Tentu untuk para penggemar dan penghobi sabung ayam online dan sportsbook online dimanapun berada...

    Mari bergabung dan bermain seru bersama kami hanya di www(dot)bolavita(dot)fun kami tunggu kehadirannya..

    BalasHapus