ONEWS.ID - MUBA- Langkah Peningkatan Partisipasi Pemilih dalam
Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang terus dilakukan. Selain sosialisasi secara gencar, inovasi lain untuk menggugah minat para pemilih juga dilakukan oleh berbagai pihak.
Salah satunya dilaksanakan Forum Komunikasi dan Pimpinan  Kecamatan (Forkopimcam) Sungai Keruh. Dimana dalam Pemilu 2019 kali ini, para penyelenggara dan pemilih bakal mendapatkan berbagai hadiah dan souvenir.
"Ada tiga hal yang kita lakukan untuk peningkatan partisipasi pemilih dikecamatan kita ini. Pertama kita akan berikan reward bagi tiga Kepala Desa dan Ketua PPS dengan partisipasi pemilih tertinggi, kedua kita berikan reward bagi TPS dengan Design TPS terunik, terakhir kita akan  berikan souvenir bagi setiap pemilih," yang menggunakan hak pilihnya ujar Camat Sungai Keruh, M Imron, usai membuka acara Sosialisasi dan Verifikasi Penyelenggara Pemilu dan Rekrutment KPPS, Kamis (7/2/2019).
Khusus untuk souvenir, kata Imron, dibagikan kepada pemilih yang telah menyalurkan hak pilihnya dengan menunjukkan bukti jari yang telah ditandai atau dicelup tinta. Dimana untuk mata pilih Sungai Keruh berdasarkan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) yang dikeluarkan KPU yakni sebanyak 16.672 pemilih.
"Ini kita lakukan berkaca pada Pilgub 2017 lalu. Sebab, saat itu di Sungai Keruh partisipasi pemilih hanya mencapai 58,2%. Dengan adanya reward dan souvenir ini diharapkan dapat merangsang keinginan warga untuk menyalurkan hak pilihnya nanti," jelas dia. Seraya menambahkan pihaknya ingin pelaksanaan Pemilu di Sungai Keruh Sukses dengan angka partisipasi pemilih  tinggi.
Kapolsek Sungai Keruh, Iptu Ade Nurdin, mengatakan, pihaknya sangat mendukung langkah yang dilakukan, Forkopimcam dalam peningkatan partisipasi pemilih saat Pemilu 17  April mendatang. "Kita berikan support maksimal untuk peningkatan partisipasi pemilih," kata dia.
Lebih lanjut Ade mengatakan, pihaknya bersama TNI memastikan akan bersama-sama mengawal pelaksanaan Pemilu agar dapat terselenggara dengan baik dan aman. "Kita juga berusaha menciptakan Kamtibmas di Kecamatan Sungai Keruh. Agar Pemilu terselenggara denga baik," dan Zero Konflik dapat terus terlaksana Didaerah kita ini ucap dia.
Sementara itu, Komisioner KPU Muba Divisi Teknis dan Penyelenggara, Khairul Anam, menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Forkopimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) di Kecamatan Sungai Keruh ini 
. "Upaya ini perlu kita dukung bersama dan ini sangat membantu kami selaku penyelenggara Pemilu terang dia.
Apa yang dilakukan Forkopimcam Sungai Keruh ini, sambung Khairul, akan disosialisasikan pihaknya ke kecamatan lain di Kabupaten Muba agar dapat ditiru, sehingga angka partisipasi Pemilu 2019 mendatang dapat mencapai target yang ditetapkan oleh KPU Muba yakni 80%.
"Ya, tentunya informasi (pemberian reward dan souvenir) ini akan disampaikan ke kecamatan lain dengan harapan kecamatan lain ikut memberikan reward. Karena sangat bagus untuk peningkatan partisipasi pemilih," jelas dia.
Hal senada juga dikatakan Anggota Panwascam Sungai Keruh, Sahlan, menurut dia, langkah menggugah keinginan untuk meningkatkan partisipasi pemilih perlu dilakukan, ini adalah bagian dari peningkatan partisipasi pemilih dan saya kira tidak melanggar aturan bahkan ini sudah menjadi kewajiban bersama bergotong royong dan bersinergi sesuai dengan Tugas Pokok Dan Fungsi Kita Masing Masing  "Kita sangat apresiasi apa yang dilakukan Forkomincam ini, sangat baik dan sangat membantu," terang dia.
Sementara Itu Bupati Muba Dodi Reza Alex, saat dihubungi dengan jelas mengatakan, bahwa pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 ini di Kabupaten Muba harus berjalan dengan baik, tertib dan aman dengan angka partisipasi pemilih yang tinggi upaya upaya yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Sungai Keruh Kami Apresiasiasi dan kami instruksikan kiranya Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan lainya di Musi Banyusian melakukan hal yang sama atau dengan ide kreatif lainya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan yang terpenting jalin terus komunikasi dengan baik jaga wilayah masing masing koordinasikan dengan penyelenggara pemilu dan banwaslu dukung tugas mereka sesuai aturan yang berlaku dan setiap ada kendala segera laporkan kepada Kami pada kesempatan pertama ke Forkopimda di tingkat Kabupaten Muba, sehingga setiap Permasalahan dapat kita segera tindak lanjut dan  memberikan Solusi terbaik demi suksesnya Penyelenggaraan Pemilu Presiden wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten demi  suksesnya  pemilu serentak dan Partisipasi Pemilih Tinggi dan Muba Zero Konflik  pungkas Dodi
"Selain itu Dodi menghimbau libatkan tokoh agama tokoh masyarakat tokoh pemuda diwilayah masing masing untuk dapat membantu Penyelenggara Pemilu dalam rangka mensosialisasikan Ajakan Datang Ke TPS gunakan Hak Pilih pada 17 April 2019 sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku mari kita kita jaga Bumi Serasan Sekate ini Aman terkendali Zero Konflik terwujud dan bersama Patuh Hukum, Sukses Penyelenggaran, Sukses Zero Konflik dan Partisipasi Pemilih Tinggi ujarnya .(sof)

ONews

ONews

Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional.

Post A Comment:

3 comments: