ONEWS.ID-PALEMBANG-Puluhan massa Komite Aksi Untuk Kedaulatan Rakyat Palembang (KAUKRP)  dan melakukan aksi demo di Kantor  Gubernur,  Kamis (1/11/2018). Mereka meminta Gubernur Sumsel agar memberikan sanksi kepada perusahaan yang melanggar UU Ketenagakerjaan dengan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tanpa pesangon.

Koordinator Lapangan Ramlianto mengatakan, seharusnya pekerja atau buruh mendapatkan perlakuan sesuai regulasi UU yang berlaku sangatlah minim.  Banyak terjadi intimidasi,  diskriminasi tidak dibayarnya hak para pekerja dan tidak  diperhatikannya kesejehateraan para pekerja. 

"Perlindungan dan perhatian atas hak buruh dalam terjadinya PHK sangatlah dipandang kurang dari pemerintah, dalam hal ini banyak terjadi pemutusan kerja secara sepihak dan hak atas pesangon sangat sulit para pekerja dapatkan. Para pekerja harus mengalami proses yang sangat panjang terlebih dahulu sedangkan keluarga para pekerja setelah terjadinya PHK sangat membutuhkan untuk kehidupan keluarganya, " ujarnya.

Ramlianto menuturkan,  dalam hal PHK yang banyak dialami anggota SBSI, namun hak para pekerja tersebut belum dibayarkan hak pesangon oleh perusahaan.  Adapun PHK yang haknya sama sekali belun dibayarkan hak pesangonnya terjadi di PT Indobeton,  PT Sharp Elektronik Indonesia,  PT Indomarco Prismatama,  PT Sinar Niaga Sejahtera,  PT Permata Multi Niaga,  CV Seleberities. "Kami sudah melakukan aksi demo di Pemkot Palembang,  tapi Walikota Palembang tidak menanggapinya.  Kami ingin Gubernur memperhatikan nasib buruh, " tegasnya.

Ramlianto menjelaskan,  pihaknya juga meminta Gubernur untuk memperhatikan hak para pekerja/buruh yang tergabung dalam anggota SBSI dengan meminta cabut sanksi SP yang diberikan kepada karyawan PT Indomarco Prismatana yang melakukan kegiatan aksi demo,  mengingat PT Indomarco Prismatana tidak memberlakukan  sistem outsorsing terhadap para pekerja.

"Meminta PT Indomarco Prismatama menaikkan uang poin ritase kepada para sopir karena diaggap tidak sesuai lagi. Selain itu,  kami meminta agar uang voucher berdasarkan kehadiran di PT Indomarco Prismatama, " katanya.

Dia mengungkapkan,  para pekerja meminta dihapuskannya sistem NKL yang dibebankan kepada para pekerja di PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart)  dan cabut Pasal 12 ayat 8 PP PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart).

Sementara itu, Edi Susilo, "PRD sejak dulu konsen untuk memperjuangkan apa yang menjadi hak kaum buruh, berjuang bersama kaum buruh, turut serta mengingatkan para penyelenggara negara tentang fungsi negara sebagai pelindung segenap tumpah darah bangsa Indonesia, mengingatkan negara pentingnya mengubah haluan ekonomi yang tidak mensejahterakan kaum buruh," ungkap Edi Susilo.

Menanggapi aksi demo, Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan terima kasih para pendemo menyampaikan aspirasi dengan tertib. " Saya hari ini tepat satu bulan jadi Gubernur Sumsel.  Apa yang disampaikan ini sebagai acuan  mengambil kebijakan untuk semua. Tadi disampaikan kalau perusahaan melanggar aturan yang disampaikan ke pemkot tapi belum direspon. Saya minta Disnaker Provinsi untuk secepatnya menyelesaikan masalah para pekerja ini. 
Untuk mendengar apa masalah yang terjadi,  untuk mendengar dari kedua belah pihak," katanya.

Apa yang menjadi keluhan, lanjut Herman Deru,  dirinya meminta secara detail. 
"Kalau memang ada pelanggaran yang dilakukan perusahaan,  kita bisa memberikan sanksi," tegasnya.

Bahkan,  sambung Herman Deru,  terkait PP 78 Tahun 2018 Tentang Pengupahan menegaskan politik upah murah diberlakukan untuk para buruh di Indonesia.

"Saya akan membantu aspirasi kawan-kawan melalui instansi berwenang. Terkait pelanggaran dari beberapa PT di Palembang, saya minta bahannya,  siapa yang dirugikan perusahaan.  Saya minta rinci bahannya, agar pemberian punismenen sesuai kesalahan.Ini Kadisnaker harus aktif,  jangan nunggu bae. Paling lambat seminggu Kadisnaker harus memanggil pihak terkait," katanya.

Terkait Perda Ketenagakerjaan,  Herman Deru menuturkan,  kalau memang diperlukan Perda baru nanti akan dibuatkan.  "Kalau memang Perda belum selesai, maka akan kita buatkan pergubnya, " ucapnya.

Sementara itu,  Kadisnaker Provinsi Sumsel Drs. H. Koimudin SH. MN mengatakan,  masalah ini berada di Disnaker Kota Palembang.  Namun Gubernur meminta agar persoalan ini diselesaikan secepatnya.  "Sesuai arahan Gubernur,  Jumat besok akan kita buat pertemuan dengan Disnaker Palembang.  Akan kita selesaikan sesuai UU berlaku, " katanya.

Koimudin menambahkan,  pihaknya berharap persoalan buruh ini diselesaikan antara buruh dan perusahaan secara internal. Namun kalau belum mendapatkan penyelesaian, pihaknya siap memfasilitasinya.  "Kami siap memfasilitasi antara buruh dan perusahaan,  agar tidak ada yang dirugikan, " pungkasnya.(andre)

ONews

ONews

Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional.

Post A Comment:

12 comments:

  1. Selain Bonus New Member 10% kami memberikan Bonus deposit sampai 200K langsung masuk ke user id ada, tunggu apa lagi, ayo segera join di INDOkARTU


    Contact Us :
    BBM : PIN : indkartu
    LINE ID : indokartu
    WECHAT ID : indokartu
    WHATSAPP : +628-129-347-8722
    IG : indokartuofficial

    BalasHapus
  2. Salam Hangat Dari www,s1288poker,pw untuk semua Juragan Juragan
    Jangan ditunggu lagi para Juragan yang ingin mencari agen poker terpercaya dan tanpa ROBOT/ADMIN
    Kami hadir Berkat Para Juragan yang ingin bermain Poker dengan Sportif
    Ayo Juragan, Jangan ditunda lagi... Segerah Bergabung Bersama Kami Di www,s1288poker,pw
    Kami Juga Menyediakan Berbagai Promo2 Untuk Para Member s1288poker.
    Disini kami juga menyediakan CS yang siap melayani Para Juragan Dengan Sebaik-baiknya (24jam/hari).
    Minimal Depo Dan WD: Min DEPO 10RB & Min WD 20RB
    Dijamin Proses Depo Dan Wd Yang Tercepat. (PIN BBM: 7AC8D76B)

    BalasHapus
  3. mau mendapatkan uang lebih dari bermian game kartu online gabung sekarang juga di sini
    Agen judi online Donacopoker
    daftar Donacopoker
    donacpoker
    bandar qq donacopoker
    bonus 2kali sehari yang bisa kalian dapatkan sebesar 5% dan bonus new member 10%
    hanya di www.donacobet.com atau bisa hubungi langsung kontak di bawah ini
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281298526483

    BalasHapus
  4. Raih Bonus Pertama deposit di Indokartu Sampai dengan 1.000.000
    dengan minimal deposit 15.000 kalian sudah bisa bergabung dan bermain di indokartu

    Contact Us :
    BBM : PIN : indkartu
    LINE ID : indokartu
    WECHAT ID : indokartu
    WHATSAPP : +628-129-347-8722

    BalasHapus
  5. Bonus deposit setaip hari sampai 200K langsung masuk ke user id ada, tunggu apa lagi, ayo segera join di INDOKARTU

    Contact Us :
    BBM : PIN : indkartu
    LINE ID : indokartu
    WECHAT ID : indokartu
    WHATSAPP : +6281333366766

    BalasHapus
  6. DAPATKAN FREECHIP DAN FREEBET !!

    DENGAN BONUS DAN CASHBACK HINGGA 10 % !!!!

    MARI BERGABUNG DENGAN KAMI WWW.BOLAVITA(titik)CLUB

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    WA : +62812-2222-995
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA

    BalasHapus